Friday, September 2, 2011

“DREAM OBAMA” The Fastest Movie In The World Produced by Damien Dematra Production And The London School of Public Relations Jakarta



Waktu menunjukan pukul 13.00 WIB pada tanggal 1 maret 2011 gue inget banget waktu itu gue lagi mager magernya di kasur (as always) ya namanya juga lagi liburan dari semester ganjil ke semester genap kan dan kalo liburan dari ganjil ke genap emang ngga pernah lama Cuma sekitar sebulan tiba tiba dapet BBM kalo LSPRTV ngadain rapat mendadak jam 3 sore nanti isi BBMnya kaya gini nih “Dear LSPRTV Member pada pukul 15.00 nanti akan diadakan rapat untuk seluruh anggota LSPRTV di media centre kita akan membahas mengenai keterlibatan kita dalam produksi film tercepat di dunia bersama Mr naslow director of photographynya The lord of the ring movie” Lo tau gimana perasaan gue pas baca itu BBM dari kak navy si LSPRTV Manager ? DANG seketika gue kaget haa ? produksi film tercepat di dunia ? nggak salah trus DOP nya kok keren sih yang megang film lord of the ring dari yang mager gerr semager2nya di siang bolong langsung gue bangkit bergegas mandi trus naik ojek ke kampus yang ada dipikiran gue saat itu antara penasaran dan excited deh nah begitu nyampe media centre ternyata rapat baru aja dimulai kemudian si mr naslow itu bicara deh tuh dengaan bahasa inggris namun berlogat jerman kental menjelaskan gimana film ini akan diproduksi juga turut serta pak Damien dematra selaku sutradara dan produser film tersebut mereka menjelaskan gimana kita akan memecahkan rekor dunia dalam hal pembuatan film tercepat di dunia dan akan mengalahkan rekor yang saat ini dipegang oleh india yang memproduksi film dalam waktu 11 hari mulai dari penulisan script hingga proses editing sedangkan target kita kali ini adalah akan menyelesaikannya dalam waktu sekitar 10 hari dan keterlibatan mahasiswa LSPR adalah dalam proses produksi seluruh crew yang bertugas adalah mahasiswa LSPR ohh oke rasa penasaran gue terjawab jadi yang nanti akan jadi team produksinya ya anak2 LSPR terutama LSPRTV yaa cukup menantanglah dalam hati gue akan jadi pengalaman yang bagus ini klo sampe bisa terpilih dan terlibat lagipula gue penasaran aja gimana sih rasanya kerja di dunia perfilman , nah karna kita2 ini mahasiswa ilmu komunikasi dan bukan dari jurusan perfilman maka nantinya akan diadakan training selama 2 minggu dengan membuat film FTV waah seru pikir gue saat itu …nah setelah rapat beberapa lama akhirnya diputuskan siapa2 aja ang terpilih menjadi crew dalam produksi film tersebut jumlah totalnya ada sekitar 119 orang crew yang 80% nya adalah mahasiswa mahasiswi LSPR awalnya begitu ngeliat anak2 kumpul si producer pak Damien agak ragu sambil berkelakar dia bilang “waduh kok ini anak2nya 70% perempuan semua cantik cantik lagi harusnya kalian yang jadi pemainnya aj deh kalo gitu” yaiyalah pak secara di LSPR emang sebagian besar mahasiswanya kebanyakan perempuan … daan diakhir rapat pun saat itu sekitar pukul 8 malam akhirnya kita semua dibagi dalam tim ada yang masuk ke lighting team, Wardrobe, makeup, cameraman, property, talent coord dan unit produksi nah gue sendiri dipercayakan jadi assisten unit crew manager yaudah kerjaan gue ngurusin smua kelengkapan syuting terutama yang berkaitan dengan kru dan proses jalannya produksi “ohh meyn jadi ntar gue yang ikutan ngatur dan mengontrol produksi dan seluruh crew barengan sama kak navy si Unit manager dan yang bersama gue ada kak padmasanti yang juga sama2 asst unit manajer kebaayang kerjaan gue nanti mulai dari ngebangunin anak2 crew, trus mastiin kalo tempat, alat syuting dan perizinan semua udah beres sampe kalo ada apa2 juga harus standby OMG baiklah ini tantangan pikir gue saat itu tapi ya emang iya sih gmn ga mennatang kalo anak2 crew produksi lain minta apa2 dan knapa2 baik sama perizinan, alat dan lokasi gue, sama santi yg pertama ditanyain soalnya kak navy si unit manajer lebih bnyk mengurus keperluan diluar lokasi syuting.
Keesokan harinya pada tanggal 2 maret 2011 training hari pertama dimulai sejenis film FTV sampe tanggal 14 nanti penuh semua crew mulai dibiasakan kerja dalam dunia film yang tekanan dan perjuangan loh gimana ngga benr loh kita suruh pada stadby dari jam 4 pagi nah gue yang buat bangun pagi aja susahnya setengah mati begitu juga buat anak2 yang lain apalagi mereka yang kuliah shift siang kaya gue udah gitu baru latihan aja yah itu selesai slalu jam 1 malem tiap harinya dan nanti jam 5 subuhnya udah harus standby lagi omaigat disitu gue bner2 keteteran di awal suasana syuting juga saat latian aja udah cukup bikin lelah hampr tiap hari standby dilokasi syuting outdoor panas , terik trus juga kalo banyak crew atau pemain yg ngaret atau knapa2 gue sama santi orang pertama yang ditanyain yah pokonya kunci dari tugas gue ini ya asal teliti dan yang terpenting kuat mental dan fisik karna ya itu dia kaya yg gue bilang tadi klo ada apa2 yang menyangkut produksi gue atau santi orang yang bertanggung jawab dan pertama kali kena semprot dari sutradara maupun produser di pertengahan pas latihan aja gue udh hampir nyerah gara2 nggak kuat sama jam kerja dan tekanan yg diterima namun temen2 lainnya juga banyak yang mengalami hal serupa bahkan ada beberapa yg ngundurin diri semenjak training berjalan namun suntikan semangat dan kebersamaan tim yang kompak dan semangat untuk belajar hal baru membuat gue terus bertahan sampe akhir produksi film sampe akhirnya ngga kerasa masa training telah selesai pada tangggal 14 maret 2011.

HARI HARI SYUTING (15 – 24 Maret 2011 ) …………………..

Selama proses syuting berlangsung kita semua bakalan tinggal dikampus sampe proses syuting selesai buat yang cwe cwe mereka tidur di drama room nah kita yang cwo cwo tidur di media cntre – studio 1 dan studio 3 penghitungan waktu dimulai sejak pukul 15 maret 2011 pukul 00.00 bertempat di cafeteria LSPR diresmikan oleh ibu prita selaku director LSPR dan juga perwakilan dari guiness world record dan royal world record begitu bel dimulai Damien dematra selaku sutradara dan produser mulai berembug sama anak2 crew buat nentuin nama2 tokoh dalam film yg nantinya akan kita garap bareng inget banget saat itu kata kata “DREAM DREAM DREAM YES WE CAN” diteriakan oleh seluruh crew ditengah ramainya sorotan media dalam acara peresmian tersebut kata2 tersebut dikumandangkan paling semsngat oleh bang otis astrada 1 dan setelah itupun penulisan script dimulai hingga akhirnya diputuskan shooting day 1 akan dilaksanakan di kebun raya bogor standby jam 5 subuh gue sama santi jam 4 udh harus siap dulu mastiin semuanya siap okee pagi harinya pun kita berangkat naik mobil innova yan disediakan oleh Trac sebagai sponsor transportasi hari pertama syuying dimulai cukup lancar walaupun ada bbrp masalah yg sempat terjadi mulai dari menghilangnya pembantu umum dan smua crew beserta pemain kepedesan dan kehausan gue sama santi pun ribet sejadi2nya tapi akhirnya masalah selesai walaupun sempet diwarnai inside nom pong harjatmo yg nabrakin mobil property film akhirnya sekitar jam 8an syuting selesai bentuk gue udah ga karuan seharian “berjemur” di kebon raya bogor dalam batin gue saat itu “buset hari pertama aja udah begini” gimana ntar ? ah tapi gue berusaha membuang jauh smua pikiran2 itu yg ada dipikiran gue “ini baru dimulai jgn nyerah perjuangan masih panjang” oke hari berikutnya syuting dilakukan di SD Asisi kenapa disitu karna kan SD assiisi sekolahnya obama dulu waktu sekolah di Indonesia dan gue baru tau kalo waktu sekolahnya obama di Indonesia banyak dihabiskan di asisi ketimbang di SDN Menteng 01 syuting hari ke 2 lebih ribet karna melibatkan banyak “orang penting” seperti bpk yusril ihza mahendra yang lg heboh kesangkut kasus korupsi, trus din syamsudin, mooryati soedibyo, ade rai, tracy trinita dan tentu salah satu pemain ayu azhari yang bikin repot adalah mengatur crowd anak2 SD yg kecil dan pecicilan itu ya tapi mereka lucu2 eh iya disini ada beberapa pemain2 cilik yang diambil dari murud SD Asisi situ sendiri ada davin, isla, jeff dan bbrapa lainnya disamping tokoh utama si Natasha dematra yg notabene anak dari produser film ini ada juga atiq dan maryam azhari yg ikutan emaknya eksis main film klo si atiq ini nakanya bukan main deh sedangkan si maryam lebih anteng sih hari hari berikutnya syuting mulai berjalan seperti biasa mulai jam 5 subuh selesai jam 2- 3 subuh seputaran hotel aryaduta, RS Siloam , LSPR, SD Assisi aja sih di hari ke 5 dan 6 kondisi badan gue sempet ngedrop dan sempet juga mikir mau cabut karna udah gakuat dan takut sakit sampe akhirnya gue ijin sehari baut tidur di rumah biar bs istirahat dan Alhamdulillah besoknya udh agak sehatan karna semangat dari temen2 lain juga untuk nyeelesaiin ini film barng bareng gue jg saat itu yakin kok kalo ini bakalan berakhir kebersamaan team dan keriangan saat kita break syuting itulah yang bikin kita semangat dan asal tau aja karna salah satu sponsornya papa rons pizza ya jadi selama mulai dari training kita dijejelin terus aneka pizza paparons sampe syuting film selesai sampe mual gue sama yang namanya makan pizza bayangin aja hampir sebulan mulai dari training sampe syuting selesai pizza mulu makanan kita -______- sampe suatu hari nah hari keberapanya gue lupa deh waktu itu syuting di rmh sakit siloam tiba2 dari astrada bilang “dis , yel cari pemain gih buat figuran peran dokter tapi yang mukanya pas seandainya jadi dokter 2 orang cewe trus 1 cowo” trus gue nanya dibayar brapa bang ? “100 ribu lumayanlah” kata gue langsung “udah gue aja sini deh yang jadi dokter” trus astradanya jg setuju yaudah deh main figuran njd dokter hahahaha yaampun gue yang disuruh nyari eh tapi malah gue jg yang main :p yaudahlah 100ribu lumayan yang paling rebek kalo ayu azhari syuting dia bawa bayinya si leon dan pasti gue yang kena karna si leon Cuma mau main sama gue dan jadilah gue nanny nya leon selama emaknya syuting dalam bebrapa hari udh gitu mana si mbak ayu azhari lumayan ribet pula udh kebal deh kita2 kalo kena semprot dia hahahhahaa yang paling lucu ya anak2 properti dan art bayangin aja dari 21 orang kru cowonya cuman 3 sisanya cewe2 perkasa semua hahaa yang pada bertubuh subur padahal kerjaan mereka tergolong yang paling berat mulai dari ntyari sampe setting property angka2 dan naik2 lah pokoknya tim paling heeboh ! inget abnget suatu hari kita lagi pada kecapean + kegerahan sampe akhirnya gue inisiatif ngumpet di mesin atm asisi yg dingin bersama anak2 art lainnya ngadem sambil ketawa2 hahaha bayangin aja mesin atm yg sekecil itu diisi 6 orang yang pada heboh ngumpet sambil cekikikan biar ga disuruh2 kerja hahaha sampe akhirnya dengan sangat terasa akhirnya syuting pun selesai dengan waktu 9 hari 19 jam 45 menit yeaah kita berhasil mecahin rekor film tercepat di dunia dalam hal produksi yang sebelumnya di pegang oleh india dgn waktu produksi 11 hari penayangan perdana diadakan di blitz megaplex dan appreciation nite dan screening ulang diadakan di auditorium prof djayusman LSPR semua rasa haru , sedih, lega bercampur jadi satu saat syuting dinyatakan selesai semua kru saling berpelukan sambil menangis haru dan bahagia mengingat segala hal yang telah kita alami bersama selama masa syuting gue pribadi jujur agak sedih karna harus pisah dan kembali ke rutinitas semula namun jg Alhamdulillah akhirnya selesai smua omelan dari sutradara artis pemain dan segala masalah dalam syuting akan jadi kenangan manis buat gue dan temen2 “dream team” lainnya dan yang terpenting ada begitu bnyk pelajaran berharga yang gue dapet yah pokoknya benar2 pengalaman yang tak terlupakan deh sampe kita2 pas awarding nite masih terharu klo inget itu smua sambil nonton film produksi kita bersama pokoknya love you deh dream team  sedangkan dream obama sendiri bercerita mengenai seorg anak kecil yg mengalami kekurangan fisik namun motivasinya untuk turut mengubah dunia sangat kuat ia terinspirasi tokoh presiden amerika barrack obama film ini sendiri direncanakan akan tayang di bioskop2 di seluruh Indonesia pada bulan oktober atau November nanti 
(posted by andiz)

No comments: